Fast Speed WordPress

Boleh dibilang ini adalah setingan wordpress paling cepat menurut ane, setelah mencoba lebih dari puluhan plugin wordpress. Ane selalu punya pendapat bahwa website yang cepat dan tidak membebani server adalah website yang statik. Nah bagaimananya WordPress bisa menjadi agak statis ketika dibuka adalah dengan cache. Ini bahasa ane aja kurang lebih seperti itu lah 😀 , langsung dicoba saja.

  1. Instal Plugin WP Fastest Cache

WP Fastest Cache adalah plugin Cache idola ane kedua setelah hampir sekian tahun menggunakan W3TC. Alasan ane pindah dari w3tc adalah idola ane salah satu founder EasyEngine Rahul Bansal. Dia bilang bahwa menggunakan w3tc adalah candu ketika plugin ini akan bergerak kearah lebih tinggi lagi. Mungkn maksutnya memang kita akan dibuat menjadi kecanduan dan akhirnya tidak terbiasa dengan yang lain dan situs Easyengine pun tidak lagi menggunakan W3tc begitupun ane. Dan pelarian atas W3tc buat ane adalah WP Fastest Cache setelah mencoba puluhan plugin WordPress.

Untuk settingan WP Fastest Cache terbaik menurut ane adalah seperti ini.

Ini versi ane setelah try eror mencoba mana yang paling maksimal, mungkin teman2 bisa mecoba sendiri.

2. Yang kedua adalah menginstal Autoptimize

Autoptimize ebenarnya juga merupakan sebuah plugin yang memiiki fungsi untuk cache suatu website namun Autoptimize lebih berfokus ke css dan js. dimana ini adalah kelemahan dari sebagian plugin cache pada umumnya dimana untuk CSS dan JS tidak banyak yang ikut di cache bahkan ketika di minify sekalipun. Jadi ketika kita menggunakan plugin ini. Semua file CSS dan JS akan di cache di srver kita dan di browser user karena juga salah satu kekurangan menggunakan thames WP orang lain mau itu yang free atau berbayar ada sebagian yang tidak menempatkan file CSS dan JS diserver atau folder thames itu sendiri. Untuk Autoptimize tidak ada setingan isa langsung di instal saja.

Hasilnya bisa dilihat nanti, Saran ane coba temen2 bedakan dan temen2 capture dulu hasil load server temen temen di single dan homenya sebelum menerapkan tips ane ini. Dan sesudahnya. Test bisa menggunakan GTmatrix atau Pingdom.

Sekali lagi ini adalah settingan versi ane yang ane yakini sampai saat ini. Karena ane selalu memiliki pendapat bahwa Webspeed, Cache dan SEO itu seperti Agama , setiap orang memiliki kenyakinan sendiri dan kepercayaan sendiri. Juga ini bukan ilmu katanya.